Saturday, October 13, 2012

Seni Ukiran

Alright! Ini post terakhir utk hari ini! Sekarang gue bakal ngebahas apa itu seni ukiran! Seni ukiran adalah seni yang menggunakan skill memahat dan menggores dalam sebuah media. Umumnya, seni ukiran ini di gunakan di atas batu, kayu, dan tanah liat. Kalau dalam opini sendiri, bagi gue memahat itu susah banget, sob. Kalau salah kan gak bisa di hapus atau di perbaiki! Jadi ketelitian dalam mengukir adalah point yang sangat-sangat penting! Teknik mengukir sudah ada sejak jaman batu muda dimana orang-orang sudah mengenal peralatan rumah tangga. Dalam memahat, orang asia lah yang paling banyak ahli nya, salah satunya Indonesia. Melihat ukiran di dinding candi Borobudur dan candi Prambanan saja sudah menjadi bukti bahwa seni ukiran sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu di Indonesia. Banyak sekali ahli memahat di Indonesia dan hasil karya mereka membuat beberapa rumah dan gedung-gedung menjadi indah dan menarik. 
Alat-alat yang di gunakan dalam mengukir antara lain adalah pemahat dan pisau wali. Sebenarnya pemahat ada jenis-jenisnya tersendiri, mata pisaunya juga berbeda dan berfungsi lain. Tetapi disini gue kurang bisa menemukan info tentang itu.
Salah satu seni ukiran yang menarik dari Indonesia adalah seni ukir nusantara. Tidak seperti seni ukiran modern, seni ukiran nusantara berkesan lebih tradisional dan seperti mengisahkan cerita jaman dulu di masing-masing daerah. Motif-motifnya juga berbeda-beda dan mempunyai arti tersendiri. Gunanya seni ukiran adalah memberi corak dalam perabotan rumah tangga,arsitektur,corak senjata tradisional,dan sekedar koleksi seni. Nih contoh-contoh gambar seni ukir (I don't own these pictures,mate. Including the pictures from the last posts)
copyright

copyright

copyright

copyright

Oh iya biar gak bosen kalo cuma gambar doang, gue kasih link video buat pembuatan seni ukiran ya! Thanks before!! -Pandochi 9 kartini

http://www.youtube.com/watch?v=06O3VGvRWWs&feature=related (ini video tutorial buat mengukir lho! :D)

No comments:

Post a Comment